Cara Sehat Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu

  • Whatsapp
Timbangan Berat Badan
/Foto: Istimewa

JATIMSATU.ID Secara teori seseorang bisa menurunkan berat badan sampai 4,5 kg dalam 1 minggu. Bahkan banyak orang yang melakukan diet secara ekstrim untuk menurunkan berat badan lebih dari itu.

Tapi idealnya, rata-rata penurunan berat badan adalah antara 0,5 – 1 kg per minggu. Hal ini dapat membantu mencapai berat badan ideal secara sehat.

Beberapa cara sehat yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan dalam seminggu, diantaranya:

  1. Mengurangi asupan kalori dan porsi makan

Hal ini merupakan prinsip utama bila ingin melakukan penurunan berat badan. Hitung kebutuhan kalori harian sesuai dengan tinggi dan berat badan, jenis kelamin, usia, serta aktifitas. Lalu sesuaikan dengan porsi makan.

  • Menghindari makanan siap saji

Sebagai gantinya dapat memilih makanan berprotein tinggi seperti telur, ikan, daging tanpa lemak, serta sayuran rendah -karbohidrat. Juga bisa memilih buah-buahan sebagai camilan, dengan begitu maka tetap akan merasa kenyang tanpa harus makan banyak kalori.

  • Mengurangi asupan karbohidrat

Mengurasi asupan makanan yang berkarbohidrat seperti nasi, pasta, atau makanan yang mengandung karbohidrat atau gula. Lalu tak kalah penting juga berolahraga untuk membakar kalori. Semakin banyak kalori yang dibakar, maka akan semakin cepat penurunan berat badan. Misalnya mengangkat beban dan senam aerobik. Berolahraga secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan, membentuk tubuh ideal, dan mengoptimalkan metabolisme tubuh. Untuk mendapatkan hasil terbaik, dapat melakukan konsultasi dengan dokter gizi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.