KKN Kelompok 14 Universitas Jember Dampingi Lansia & Disabilitas untuk Pemanfaatan WhatsApp BOT

  • Whatsapp

BONDOWOSO, JATIMSATU.ID – Pandemi COVID-19 yang mulai menyebar di Indonesia sejak tahun 2020, menjadi penyebab pembatasan kegiatan masayarakat oleh pemerintah. Hal ini bertujuan untuk menekan penyebaran virus COVID-19.

Jika dilihat dari jumlah kasus yang ada nampaknya penanganan kasus COVID-19 masih belum maksimal. Masyarakat masih harus membatasi kegiatannya diluar rumah dan menjalankan protokol kesehatan saat berada diluar rumah demi menekan angka penyebaran COVID-19.

Bacaan Lainnya

Disinilah diperlukan adanya peran serta keterlibatan mahasiswa melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari kampus untuk membantu masyarakat dalam penanganan COVID-19 pada Lansia dan Penyandang Disabilitas.

Pada hari Kamis tanggal 12 Agustus 2021, diselenggarakan penerjunan KKN Universitas Jember Back to Village III secara daring melalui aplikasi Zoom dan YouTube.

Seorang mahasiswa Universitas Jember, Mohammad Asroril Fikri, dari Kelompok 14 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dr. Yudha Nurdian, M.Kes., melakukan KKN di Desa Randu Cangkring, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur.

Dalam pelaksanaan KKN tersebut terdapat beberapa tema yang dapat dipilih oleh mahasiswa, salah satu tema yang dipilih oleh Fikri ialah “Program Inovasi Tehnologi/Informasi Dalam Penanganan COVID-19”.

KKN kali ini tidak dilakukan secara berkelompok, dikarenakan kasus COVID-19 semakin tinggi, maka KKN dilakukan secara mandiri sampai tanggal 9 September 2021.

Berdasarkan hasil dari observasi, didapatkan suatu masalah pada masyarakat desa khususnya Lansia dan Penyandang Disabilitas yang masih kurang pengetahuan tentang penanganan COVID-19.

Lansia dan Penyandang Disabilitas di Desa Randu Cangkring sangat minim informasi tentang COVID-19. Dikarenakan tidak semua Lansia dan Penyandang Disabilitas mengerti untuk mencari informasi mengenai penanganan COVID-19. Selain itu, saat ini juga banyak berita yang tidak benar.

Oleh karena itu, tujuan program kerja dalam kegiatan KKN UNEJ BTV 3 ini bertujuan untuk membuat WhatsApp BOT guna penanganan COVID-19 pada Lansia dan Penyandang Disabilitas.

Fikri akan melaksanakan KKN selama 30 hari untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya Lansia dan Penyandang Disabilitas mengenai informasi seputar COVID-19 yang mana nanti sasaran hanya perlu menggunakan WhatsApp untuk mencari informasi tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.