Bupati Sidoarjo Membolehkan Sholat Ied Dilakukan di Masjid

  • Whatsapp
bupati sidoarjo
Tangkapan layar video unggahan akun instagram @pemkabsidoarjo, Bupati Sidoarjo tengah memberikan himbauan pelaksanaan sholat ied.

JAWA TIMUR, JATIMSATU.ID – Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, membolehkan warga Sidoarjo untuk melakukan Sholat Idul Fitri pada Kamis 13 Mei 2021 besok di seluruh Masjid atau tempat ibadah umat Islam.

Bacaan Lainnya

Lewat unggahan video instagram @pemkabsidoarjo pada Rabu (12/5/21), Ia mendasari hal tersebut berdasarkan beberapa aturan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan intruksi Mendagri Nomor 10 tahun 2021, berdasarkan surat edaran Menag Nomor 7 tahun 2021, dan Keputusan Gubernur Jawa timur tentang PPKM skala mikro di desa dan kelurahan.

“Kami mengambil kesimpulan bahwa pelaksanaan sholat idul fitri di Sidoarjo didasarkan sesuai dengan zonasi skala mikro di tingkat desa atau kelurahan,” ucap Bupati.

Jika mengacu pada aturan dari Menag, maka sholat ied hanya bisa dilakukan di daerah dengan zona hijau dan kuning.

Sedangkan kondisi di Sidoarjo saat ini hampir seluruh daerahnya berada pada zona aman dari COVID-19.

“Alhamdulillah sampai hari ini seluruh desa di sidoarjo sebagian besar sudah berstatus hijau dan sebagian kecil berstatus kuning,” terang Ali.

“Ini berimplikasi bahwa sholat ied bisa di laksanakan di seluruh tempat masjid di Sidoarjo,” imbuhnya.

Meskipun begitu Bupati menginginkan sejumlah syarat dan ketentuan pelaksanaan sholat ied sesuai protokol wajib dilaksanakan bagi panitia pelaksanan atau takmir masjid.

“Memegang teguh protokol kesehatan agar tidak terjadi kerumunan dengan kapasitas maksimal 50%, menghindari kontak fisik bersalaman setelah sholat, dan memegang teguh protokol kesehatan menunggunakan termogan, memakai masker, menjaga jarak, dan lain sebagainya,” tegasnya.

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kini membolehkan melaksanakan sholat ied tetapi rambu-rambu dari Bupati yaitu jangan sampai abai terhadap protokol kesehatan.

“Mari kita jaga diri kita, kita jaga keluarga kita, kita jaga lingkungan kita, kita jaga sidoarjo tercinta kita dengan melaksanakan sholat ied sesuai protokol kesehatan,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.