Viral Foto Pemudik Menyeberangi Selat Madura, Khofifah: Hoax

  • Whatsapp
Prajurit TNI AL
Dok. Prajurit TNI AL menyeberangi Selat Madura dalam rangka HUT ke-15 Pasmar-1 TNI AL. (Foto: @khofifah.ip)

JATIMSATU.ID – Beredar foto viral diduga para pemudik yang nekat berenang melintasi Selat Madura di medsos membuat orang nomor satu di Jawa Timur angkat bicara.

“Netizen yang budiman, Mereka yang berenang ini adalah para prajurit TNI Angkatan Laut (AL),” kata Khofifah Indar Parawansa di instagramnya @khofifah.ip, Jumat (7/4/21).

Bacaan Lainnya

Foto tersebut menurut Khofifah bukanlah foto para pemudik yang nekat berenang untuk menghindari pos jaga. Tetapi foto para prajurit TNI AL pada tahun 2016 lalu.

“Aksi melintasi selat Madura dari Surabaya ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-15 Pasmar-1 TNI AL, tahun 2016 lalu,” ujarnya.

Khofifah menyebut jika informasi yang beredar itu adalah berita palsu atau hoax.

“Jadi, jika ada yang menarasikan foto tersebut adalah rombongan para pemudik yang nekat berenang menyebrangi Selat Madura, dapat dipastikan adalah Hoax atau berita palsu,” imbuhnya.

Khofifah menjelaskan jika Jembatan Suramadu untuk sementara disekat selama masa larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021.

“Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya mobilitas masyarakat saat larangan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 H, di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.