Organisasi Satria Jaga Pati Bayu Dianggap Ilegal dan Sekedar Respon Kepanikan Forsuba atas Kasus Pembalakan Kayu di Kawasan PT. Bumi Sari

Forum Satria Jaga Pati Bayu dan Forsuba melakukan aksi damai di depan pintu masuk perkebunan PT Bumisari Desa Bayu, Kecamatan Songgon.

Saat melakukan aksi damai dari perwakilan Forum Jaga Pati Bayu dan Forsuba, enam orang perwakilan diterima oleh pihak PT Bumisari.

Manajer PT Bumisari Sujarwo mengatakan, Forum Satria Jaga Pati Bayu ternyata belum terdaftar dan disahkan oleh kepala desa setempat.

“Forum Satria Jaga Pati Bayu tidak jelas kok mau menanyakan legalitas perkebunan PT Bumisari, kapasitasnya apa,” tanya Sujarwo.

Menurut Sujarwo, Forum Satria Jaga Pati Bayu ini diduga ilegal dan tidak jelas ke pengurusannya. Sehingga keberadaannya tidak bisa dipertanggung jawabkan.

“Kalau menanyakan PT Bumisari itu perusahaan, sudah bertahun – tahun ada di Desa Bayu, Kecamatan Songgon,” tegasnya.

Kepala Desa Bayu Sugito mengatakan kalau masalah Forum Satria Jaga Pati Bayu dulu pernah memberikan surat.

“Suratnya sekedar pemberitahuan, jadi bikin kelompok hanya memberikan surat pemberitahuan saja,” tegas Kades Bayu.

“Saya bilang kalau membentuk Forum Satria Jaga Pati Bayu di wilayah Desa Bayu, tolong saya meminta secara tertulis, mulai nama nama ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota,” lanjutnya.

Jika sudah ada fotocopy, nanti akan diperiksa apa betul anggota Forum Satria Jaga Pati Bayu. Pasalnya kepengurusan atas nama Forum Satria Jaga Pati Bayu sampai sekarang tidak pernah diberikan.

Menanggapi Jawaban Dari kepala desa Bayu dan manajer PT. Bumi sari yang mengatakan bahwa legalitas organisasi satria jaga pati bayu yang tidak jelas hal ini kemudian direspon ketua advokasi LSM AMPD (Aliansi Masyrakat Peduli Desa) yang mengambil kesimpulan bahwa Organisasi Tersebut meruapakan organisasi Ilegal bentukan Forsuba karena forsuba kini telah kelabakan akibat kasus Hukum yang menjerat Anggotanya dari mulai kasus Pungli hingga Kasus yang berujung tersangka Musanef dan kawan-kawan yakni pembalakan liar dan penjarahan di kawasan SHGU PT. BUMI Sari Maju Sukses

Pos terkait