Beri Kuliah Umum di UNIB Situbondo, Sandiaga Sampaikan Pentingnya Santri Jadi Pengusaha

  • Whatsapp

SITUBONDO, JATIMSATU.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memberikan kuliah umum di depan ribuan mahasiswa Universitas Ibrahimy Situbondo (UNIB), Jumat (17/9/2021).

Dalam kunjungan kerjanya, turut hadir Bupati Situbondo, Karna Suswandi, beserta jajaran Forkompinda setempat.

Bacaan Lainnya

Dalam paparannya, Sandiaga menyampaikan bahwa santri adalah orang yang serba bisa.

“Mereka memliki pengetahuan keagamaan yang kuat dan keilmuan lainnya,” Ucap Sandi.

Ia yakin bahwa para santri adalah pengusaha-pengusaha sukses, penerus kepemimpinan dan menjadi orang penting di masa depan. Sebab itu, ia berharap mahasiswa dan santri punya semangat entrepreneur.

Banyaknya sektor ekonomi kreatif yang harus di isi oleh para santri. Salah satunya adalah digital preneur.

“Ada beberapa program yang kita dorong seperti animasi. Banyak animasi-animasi kita masih dikuasai oleh produk luar Indonesia. Kita bisa menciptakan produk sendiri agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” Paparnya.

Sandiaga juga menambahkan agar para santri menjadi podcaster dan youtuber yang mampu mempersatukan.

“Pancasila sebagai asas tunggal dicapai kesepakatannya oleh para ulama di sini, ini adalah konten yang menarik dan belum tersampaikan dengan baik,” Imbuhnya.

Sebab itulah, ia berharap para santri di UNIB, bisa masuk menjadi konten kreator untuk menyampaikan ukhuwah wathaniyah, persaudaraan sesama bangsa.

Sebelumnya, rektor UNIB KH Ach Fadlail menyambut baik program kemenparekraf dan pemerintah kabupaten Situbondo yang menetapkan pondok pesantren sebagai wisata religi.

Ach Fadlail juga menyampaikan bahwa unib akan mengambil peran strategis untuk terwujudnya wisata religi, wisata edukasi dan menjadi destinasi wisata berbasis sejarah.

“Sebagai wisata edukasi dan sejarah, masyarakat yang datang akan selalu dikenalkan sejarah harmonisasi Agama dan Pancasila,” Tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.